Kue Balok Maranti, Garut banget

Tepatnya di Jalan Raya Kadungora, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut terdapat spanduk, banner, kedai ataupun warung istilahnya dinamai ” kue balok maranti ” bila kita berpergian baik mau berangkat menuju arah bandung ataupun dari arah luar kota, pastinya akan melintasi jalan raya kadungora serta pastinya akan menjumpai kedai kue balok maranti ini Usaha kuliner yang dirintis kurang lebih pada tahun 1942 ini, merupakan usaha turun temurun keluarga.

Kue balok maranti ini mempunyai citarasa yang tinggi dan sangat khas aroma serta rasanya yang sangat dipertahankan, serta banyak diminati oleh berbagai kalangan lapisan masyarakat bukan saja yang melintas di jalan raya kadungora tersebut sambil melepas penat atau istirahat karena cape diperjalanan mengendarai mobil dan roda dua, akan tetapi yang sengaja untuk beli kue balok maranti pun sangat banyak, karena ke khasannya itu kue balok maranti ini banyak diminati, setidaknya darimulut ke mulut yang bisa disebut sebagai ” marketing ” gratisan untuk mempromosikan kue balok maranti, tidak hanya kota Garut saja bahkan luar daerah pun mengetahuinya.

Sekilas tentang kue balok maranti

Pendiri sekaligus perintisnya H. Sopandi yang beristrikan Hj. Hasanah dikaruniai mempunyai empat orang anak perempuan dan satu orang anak laki-laki, pada awalnya hanya memproduksi yang sekaligus sering bergadang di pasar lama Kadungora, tetapi untuk saat ini menyebar luas di wilayah Kadungora, Leles. Bahkan kue balok maranti ini juga mempunyai jenis kuliner lainnya yaitu bubur maranti.

Kue yang mirip sekali dengan kue pukis ini mempunyai daya tarik sendiri mulai dari cara pembuatannya sampai rasanya pun sangat istimewa, terlebih saat ini dengan varian topping dengan kombinasi keju, cokelat juga yang lainnya. Akan tetapi di Kadungora adonan dan rasa kue maranti ini tetap dipertahankan secara original, rasa manis dan kelezaatan yang empuk kuenya tetap dipertahankan, pada dasarnya pembuatan kue balok ini sangat sederhana dari sisi adonannya, terdiri dari telur, tepung terigu, gula, mentega, soda kue, air dan susu.

Adonan pun dimasukkan kedalam cetakan serta dipanaskan bisa di atas maupun di bawah yang mana perapiannya menggunakan arang, arang ini sangat khas akan kue balok tersebut, adonan ini ditutupi dengan anglo namanya, anglo tersebut diisi dengan arang yang menyala, yang mana adonan kue maranti ini akan merata panasnya. Kita bisa memesan kue balok maranti yang matang ataupun setengah matang, sehingga pembeli bisa merasakan sensasi kue balok maranti ini. Usaha kue balok maranti ini diteruskan oleh penerusnya, dengan kualitas mempertahankan keunikan dan cita rasanya.

Uniknya bisa dilihat oleh kita dari takaran yang masih menggunakan alat tradisional, tutup termos digunakan untuk takaran beras, rantang digunakan untuk takaran air serta tepung.

Untuk sekarang ini para penjual kue balok maranti banyak dijumpai tidak hanya di daerah Kadungora akan tetapi khususnya di kota Garut sendiri banyak seperti di Simlim ( Simpang lima ) Tarogong, Jayaraga, daerah Garut Utara Malangbong, Leles, Limbangan juga di daerah lain seperti Jakarta dan Bandung, kue balok maranti ini sangat cocok ditemani secangkir teh, secamgkir kopi.

Terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi kue balok ini sering disebut juga dengan kue ” jibeuh ” yang artinya hiji oge seubeuh dengan kata lain makan satu kue balok saja sudah kenyang. Merupakan kue yang legendaris yang turun temurun resep dan racikannya kue balok maranti menjadi alternatif lain bagi pecinta kuliner, tidak salahnya untuk mencoba kue balok yang khas ini dengan citarasa yang tinggi serta harga yang relatif terjangkau.

Demikian dari informasi Kue Balok Maranti, Garut banget kami sajikan, semoga apa yang dibaca sesuai apa yang anda cari. Informasi tersebut merupakan informasi yang bersifat umum saja. Dan jika ada pertanyaan lain atau kritik dan saran silahkan kirim informasinya kepada kami melalui kontak yang sudah kami sediakan atau melalui kolom komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *