Kesehatan

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Aprikot merupakan buah yang belum banyak dikenali masyarakat Indonesia, karena buah ini tumbuh liar di Armenia, Yunani, Roma, dan India. Buah yang memiliki nama ilmiah prunus armeniaca ini memiliki cita rasa yang menyegarkan, yakni manis dan asam. Buah yang mirip dengan buah peach dan plum ini mudah kita dapatkan karena sudah tersedia di berbagai supermarket. Nah, sebelum mengetahui berbagai manfaat buah aprikot, kita ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dalam buah ini.

Buah aprikot sangat bergizi dan kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Selain itu, buah aprikot sebagai sumber beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

1. Mengatasi Sembelit
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di World Journal of Gastroenterology, aprikot kaya akan serat yang bagus untuk pergerakan usus halus. Manfaat serat dapat merangsang cairan lambung dan pencernaan yang membantu menyerap nutrisi dan memecah makanan agar lebih mudah diproses. Selain itu, serat juga dapat mengaktifkan gerakan peristaltik saluran pencernaan, dan gerakan otot polos. Itulah yang menjaga agar pergerakan usus tetap teratur. Oleh karena itu, aprikot sering disarankan untuk dikonsumsi kepada mereka yang secara teratur menderita sembelit.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Manfaat buah aprikot dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit, termasuk aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Ini berkat kandungan vitamin C, potasium, dan serat makanan, yang mampu membantu menyehatkan jantung dengan baik. Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. Lien Ai Pham-Huy, Pusat Medis Universitas Stanford, AS, vitamin C yang termasuk dalam antioksidan ini dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas. Selain itu, potasium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sementara serat makanan mengurangi kelebihan kolesterol dari lapisan pembuluh dan arteri. Jadi, secara keseluruhan sifat-sifat dari aprikot menjadikan buah ini ideal untuk meningkatkan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Metabolisme
Jumlah cairan di seluruh tubuh bergantung pada dua mineral, kalium, dan natrium. Kandungan kalium yang tinggi dalam aprikot dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memastikan energi disalurkan dengan baik ke organ dan otot. Dengan mempertahankan keseimbangan elektrolit yang sehat, tubuh memiliki lebih banyak energi, mengurangi kram, dan menjaga darah dan energi yang dapat digunakan tubuh ketika diperlukan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata
Aprikot kaya akan karotenoid dan xantofil, merupakan nutrisi yang dipercaya para peneliti mampu mencegah penyakit penglihatan terkait bertambahnya usia. Aprikot juga mengandung vitamin A, nutrisi penting yang menyehatkan mata. Nutrisi ini juga disebut retinol, yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia.

5. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat dalam aprikot membuat kita kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda untuk sering makan dan pada akhirnya membantu dalam penurunan berat badan yang sehat. Selain itu, nutrisi dalam aprikot dapat merangsang sel-sel otak tertentu (tanycytes) yang membuat kita merasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan.
Seperti yang disebutkan di atas, manfaat buah aprikot dapat mempercepat metabolisme dan ternyata ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *