Perbedaan Mentega & Margarin

Perkembangan kuliner memang semakin maju pesat banyak kuliner yang hampir setiap waktu tumbuh berkembang dimulai dari kuliner yang biasa hingga yang luar biasa. Seiring pertumbuhan kuliner tentunya berbanding lurus dengan munculnya para chef dadakan yang bisa bersaing dengan chef yang sudah profesional

Dalam dunia kuliner, keberadaan mentega atau margarin tak dimungkiri selalu lekat. Hal itu misalnya dalam pembuatan kue atau bahkan pengganti minyak goreng untuk menumis. Namun, meski kerap digunakan dalam dunia memasak, dua bahan tersebut memiliki perbedaan dari segi bahan hingga aplikasi penggunaan di kue.
Perbedaan pertama antara margarin dan mentega ini adalah masalah bahasa. Margarin itu bahasa Inggris, sedangkan mentega bahasa Indonesia. Jadi kalau yang benar ini adalah butter dan margarin.

Secara bahan baku, pembuatan mentega dan margarin juga berbeda. Kalau Butter atau mentega dibuat dari bahan lemak hewani yaitu dari lemak sapi & sifatnya tidak terlalu berminyak. Sedangkan Margarin dibuat dari lemak nabati, yaitu dari lemak tumbuh-tumbuhan jadi sifatnya lebih berminyak.

Tampilan fisik mentega dan margarin secara kasatmata juga berbeda. Margarin berwarna lebih kuning dan bersinar. Sedangkan Butter warnanya lebih pudar.

Selain itu, dari tingkat ketahanan margarin dan mentega juga punya perbedaan. Mentega lebih mudah meleleh dibandingkan margarin.

Kalau mentega atau butter, itu suhu 30 derajat sudah meleleh. Sedangkan margarin sampai suhu 35 derajat masih bisa tahan leleh.

Sementara dalam hal penggunaan, Margarin lebih banyak digunakan untuk pengolahan kue-kue kering. Sementara penggunaan mentega biasanya digunakan pada kue-kue Eropa, seperti black forest.

Demikian dari informasi Perbedaan Mentega & Margarin kami sajikan, semoga apa yang dibaca sesuai apa yang anda cari. Informasi tersebut merupakan informasi yang bersifat umum saja. Dan jika ada pertanyaan lain atau kritik dan saran silahkan kirim informasinya kepada kami melalui kontak yang sudah kami sediakan atau melalui kolom komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *