Pusat Kerajinan Kulit Garut Terkenal dari Zaman Belenda

Pusat Kerajinan Kulit Garut Terkenal dari Zaman Belenda

Garut terkenal dengan Kota dodol nya yang sangat termasyhur hingga Dunia Internasional dari sejak dahulu kala, Ada juga Jeruk Garut buah yang khas dari tatar Sunda ini yang mengharumkan Kota Garut. Domba Garut yang sangat terkenal yang menjadi ikon Garut, karena kualitas domba Garut sangat unggul dibanding domba sejenisnya yang. Selain dari Dodol, Jeruk, Domba Garut tak kalah pentingya yaitu Sentra Kerajinan Kulit Garut yang berada di Sukaregang yang tidak jauh dari pusat Kota Garut, disana pusatnya dari mulai pengolahan, pemasaran juga toko-toko, gerai-gerai kulit yang memproduksi dari model sepatu kulit, sandal kulit, tas kulit, dompet, sabuk kulit, jaket kulit juga yang lainnya kesemuanya tersebut terkenal serta sudah ada semenjak zaman Pemerintahan Kolonial Belanda.

Sekitar tahun 1920-an. Saat itu alat alat untuk menyamak kulit didatangkan langsung dari Belanda.Hingga kini alat – alat tersebut masih dipakai oleh para penyamak kulit. Sentra utama pembuatan pakaian, aksesori, dan jaket kulit di Kabupaten Garut adalah Desa Sukaregang. Desa yang terletak tidak jauh pusat kota , bak Milan di Italia atau Paris di Perancis. Begitu Anda datang ke sana, tampak berjejer toko yang menjual jaket kulit dengan aneka motif dan model mengikuti tren fashion terbaru dewasa ini.

Para pedagang yang biasanya memiliki mitra perajin kulit, juga memajang topi, dompet, dan tas yang semuanya berbahan kulit dengan selisih harga jauh bila Anda membeli di kota-kota besar, seperti Bandung dan Jakarta.Perbedaan harga produk kulit Sukaregang sangat signifikan,untuk jaket kulit dijual mulai harga Rp 800.000, tergantung kualitas kulitnya. Untuk jaket kulit seharga Rp 800.000 Kota Bandung misalnya bisa seharga Rp 1,5 juta.

Setali tiga uang untuk produk lain berbahan kulit, selisih harga bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Industri kulit di Kabupaten Garut saat ini mampu menyerap ribuan tenaga kerja.

Besarnya tenaga kerja yang terserap sejalan dengan besarnya permintaan berbagai produk berbahan kulit, berupa tas, sepatu jaket kulit dan aksesoris yang terus mengalir dari daerah luar Kabupaten Garut , antara lain dari Bandung, Jakarta, serta beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali , bahkan Sumatera. Pantas bila perajin jaket kulit di Garut tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan perajin kulit di daerah-daerah lain, apalagi kini jaket kulit dari Kabupaten Garut sudah menebus pasar mancanegara , antara lain Singapura, Malaysia, Taiwan, dan Jepang.

Bagi masyarakat Sukaregang industri kulit tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupannya,produk produk barang dari kulit ini menjadi tulang punggung perekonomian warga Sukaregang. Desain barang barang kulit biasanya perpaduan dari perajin Sukaregang dan permintaan konsumen. Saat ini desain kerajinan kulit Sukaregang tidak kalah dengan produk dari luar. Bahkan beberapa produk kulit seperti sepatu dan jaket desainnya sangat kekinian dan mengikuti perkembangan mode.Keuntungan belanja produk kulit di sini ialah kualitas barangnya terjamin dengan harga kompetitif sangat jauh bedanya dengan harga produk kulit di kota-kota besar.

Industri kulit Sukaregang, Garut Jumlah industri penyamakan Saat ini terdapat 330 unit usaha penyamakan dan pengolahan kulit yang tersebar hampir di seluruh pelosok Kampung Sukaregang Kota Wetan, Garut kota dengan luas areal 79 hektar. Bahkan 10 unit usaha yang tergolong besar tidak hanya mampu menyuplai pengadaan kulit dalam negeri, tapi menembus pasar luar negeri.Ekspor kulit Data Disperindag Garut menyebutkan, kebutuhan kulit dalam negeri 20% dari total produksi nasional yang mencapai 60.000 ton – 70.000 ton/tahun dipasok dari sentra penyamakan kulit Sukaregang ini.

Saat ini kapasitas produksi kulit dari sentra ini baru mencapai 1.500 ton/bulan dengan melibatkan lebih dari 1.285 tenaga kerja. Ternyata luar biasa juga yah sejarah kerajinan kulit dan industri kulit di Garut. Kita, sebagai orang Indonesia harus bangga dengan prestasi ini. Kini Anda bisa lebih paham sekilas bagaimana awalnya terbentuk hingga sekarang kalau jalan – jalan di sepanjang Sukaregang Garut banyak sekali toko – toko yang menjual jaket kulit wanita dan pria wanita berbagai model dan ukuran, dan lebih kerennya lagi bisa dibuat model dan ukurannya sesuai dengan keinginan Anda.

Jika memang tertarik dengan model produk sepatu kulit pria, dompet kulit, hingga tas kulit garut. Tentunya kamu bisa datang langsung ke Sukaregang Kota Garut. Disana kita sudah dimanjakan dengan aneka produk kerajinan dari bahan kulit. Tnentunya harga yang ada kamu bisa ditawar dan tentunya dengan harga wajar.

Demikian dari informasi Pusat Kerajinan Kulit Garut Terkenal dari Zaman Belenda kami sajikan, semoga apa yang dibaca sesuai apa yang anda cari. Informasi tersebut merupakan informasi yang bersifat umum saja. Dan jika ada pertanyaan lain atau kritik dan saran silahkan kirim informasinya kepada kami melalui kontak yang sudah kami sediakan atau melalui kolom komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *