Sajian Kuliner Khas Cirebon Saat Ini

Jika sedang berada di Kota Cirebon, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas Kota Udang ini seperti empal gentong, nasi jamblang, dan lain sebagainya. Nah mau tau lebih lengkap tentang kuliner khas Cirebon lainnya? Berikut 5 informasi kuliner khas Cirebon.

1. Nasi jamblang
Bersiaplah lidah bergoyang saat menyantap nasi jamblang. Kuliner yang dulu disajikan dengan bungkusan daun jati, bisa disajikan dengan berbagai pilihan lauk. Jangan ragu memilih aneka lauk yang tersedia, di antaranya tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi. Pengunjung yang datang, bebas memilih sendiri lauknya sebagai pelengkap nasi.

2. Empal gentong
Saatnya menyantap makanan berkuah. Siapkan perut Anda untuk menyeruput kuah empal gentong dengan aneka isi. Anda bisa menemukan isi empal gentong seperti potongan-potongan daging dan jeroan sapi. Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa, dan daging sapi.

3. Mi koclok
Bosan dengan empal gentong dan nasi jamblang? Kuliner mi koclok bisa jadi pilihan saat liburan di Cirebon. Rasanya tentu membuat bernafsu untuk makan. Kuah mi koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang.

4. Docang
Apa itu docang? Mungkin nama kuliner itu jauh terbenam dibanding nasi jamblang dan empal gentong.
Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang sudah dikenal sejak jaman wali. Campuran makanan kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda.

5. Nasi lengko
Ini dia kuliner khas Cirebon lainnya. Namanya nasi lengko yang mirip dengan nasi pecel. Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai. Pedas atau manis tergantung selera Anda. Bagi yang gemar pedas, mintalah kepada penjual untuk menambahkan cabe. Jika tidak, tuangkan kecap di atas sambal sesuai selera. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah. Jangan lupa siapkan krupuk sebagai teman makan.

Demikian dari informasi Sajian Kuliner Khas Cirebon Saat Ini kami sajikan, semoga apa yang dibaca sesuai apa yang anda cari. Informasi tersebut merupakan informasi yang bersifat umum saja. Dan jika ada pertanyaan lain atau kritik dan saran silahkan kirim informasinya kepada kami melalui kontak yang sudah kami sediakan atau melalui kolom komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *