Tips Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Salah satu produk perawatan kecantikan kulit wajah yang digandrungi adalah masker. Jenisnya banyak, fungsinya beragam, harganya pun cukup terjangkau. Agar manfaat masker bisa dirasakan, Anda harus tahu cara pakai masker dengan benar. Meski banyak sekali dijual dan penggunaannya relatif mudah, tetapi tak banyak yang tahu cara penggunaan masker secara benar.

Apa saja yang harus diperhatikan? Pertama-tama, Anda tentu tahu bahwa masker wajah ada banyak macamnya. Mulai dari sheet mask (masker lembaran), krim, gel, lumpur (mud), tanah liat (clay), atau berbentuk bubuk yang dicampurkan air. Meski demikian, apa pun jenis masker wajah yang Anda gunakan, dokter kulit menyarankan frekuensi penggunaannya yang ideal adalah dua kali seminggu.

Langkah pertama dan terpenting sebelum mengaplikasikan masker ke wajah adalah memilih jenis masker yang pas dengan tipe kulit.

Panduan Cara Pakai Masker Wajah

  • Kulit kering: hydrogel, krim, masker minyak hangat (warm oil mask), dan sheet mask.
  • Kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat: lumpur dan tanah liat.
  • Kulit kusam: masker yang mengandung eksfoliator.
  • Kulit yang mulai menua: masker peel-off dan masker minyak hangat.

Masker jenis gel cocok digunakan untuk kulit sensitif, kulit berjerawat, dan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Masker gel biasanya juga memberikan sensasi dingin, sehingga dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari. Hal yang dilakukan sebelum dan sesudah pakai masker. Sebelum mengaplikasikan jenis masker apa pun, kulit wajah harus dalam keadaan bersih. Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran dengan metode double cleansing. Pastikan kondisi tangan juga bersih. Jika sudah mengangkat dan membersihkan masker yang mengering di wajah, jangan lupa untuk tetap memakai toner serta pelembap. Sebab, makin terhidrasi kulit, makin efektif pula kerja nutrisi yang diberikan oleh masker tadi.

Cara menggunakan masker wajah yang benar sesuai jenisnya

Agar merasakan manfaatnya, berikut ini panduan cara menggunakan masker wajah yang sesuai dengan jenisnya.

Cream mask:
– Gunakan ujung jari untuk meratakan masker
– Hindari daerah bibir, mata, dan alis

Bubble mask:
– Oleskan ź masker ke seluruh wajah
– Hindari area bibir dan mata

Sheet mask:
– Lepaskan sheet mask dari kemasannya
– Buka perlahan agar tidak sobek
– Sejajarkan mask dengan wajah
– Tekan secara perlahan
– Sisa serum atau essence pada kemasan bisa dioleskan lagi ke wajah atau bagian tangan dan leher

Clay dan mud mask:
– Oleskan ź masker ke seluruh wajah
– Hindari area bibir dan mata

Gel mask:
– Gunakan ujung jari untuk meratakan masker
– Ratakan tipis-tipis, sama seperti saat Anda mengaplikasikan pelembap
– Hindari daerah bibir dan mata

Setelah mengaplikasikannya, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya selama 20 menit. Khusus untuk masker yang akhir penggunaannya harus dibilas, gunakan air hangat dan gosok dari secara perlahan. Untuk masker peel-off, lepaskan masker secara perlahan. Setelahnya, lanjutkan dengan ritual perawatan kecantikan seperti biasanya, mulai dari toner, essence, serum, dan krim malam.

Jika ada pertanyaan lain, kritik dan saran ataupun salah penulisan Tips Cara Pakai Masker Wajah yang Benar silahkan kirim informasinya kepada kami melalui kontak yang sudah kami sediakan atau melalui kolom komentar dibawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *